cover
Contact Name
Ence Surahman
Contact Email
ence.surahman.fip@um.ac.id
Phone
+6287821191948
Journal Mail Official
ence.surahman.fip@um.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Malang, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP) Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran
ISSN : 24068780     EISSN : 26547953     DOI : 10.17977.um031
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran is a journal in the field of educational technology that contains literature review, action research, case study research, and empirical findings in scientific disciplines of educational technology.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2021)" : 11 Documents clear
Challenges in Operating University Moodle E-Learning: A Case Study from Lecturers’ Perceptions I Putu Juliana; I.G.A Lokita Purnamika Utami; Ida Ayu Made Istri Utami
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v8i12021p080

Abstract

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk menginvestigasi persepsi tentang kesulitan dosen Pendidikan Bahasa Inggris yang menggunakan E-learning Moodle Undiksha dalam mata kuliah pedagogi, literature, reading dan writing. Penelitian ini menggunakan metode mix dan lebih kepada pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan kuisioner dan panduan interview saat pengumpulan data. Dosen Pendidikan Bahasa Inggris merupakan partisipan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan ada enam masalah yang ditemui oleh dosen saat menggunakan E-learning Moodle Undiksha yang di kategorikan menjadi internal dan external. Kesulitan internal yang ditemui berupa tidak adanya fitur auto-refresh, konferensi video, pesan suara dan mengedit secara berkesinambungan. Sedangkan untuk halangan external diantaranya sikap buruk plagiarism dan partisipasi pasif dari mahasiswaAbstract: This research aimed to investigate the perceptions about challenges that are encountered by English Language Education lecturers using the Undiksha Moodle e-learning in pedagogy, literature, reading, and writing course. This study used an embedded mixed-method case study with qualitative dominant. Questionnaire and semi-structured interviews were used by the researcher in collecting the data. The participants were the lecturers of English Language Education. The findings manifested that there were six challenges that were encountered by the lecturers during operating the Undiksha Moodle e-learning that could be categorized into internal and external. The internal challenges such as the absence of several features like auto-refresh, video conference, voice message recording, and editing synchronously. While the external challenges were the bad attitude of the plagiarism act and students’ passive participation
Pembelajaran Daring Menggunakan E-Modul pada Flipped Classroom Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar dan Intensi Berwirausaha Kinzie Feliciano Pinontoan; Mario Walean; Andreuw Vandy Lengkong
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v8i12021p001

Abstract

Abstrak:  Pandemi Covid-19 telah mendorong penerapan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menerapkan flipped classroom pada pembelajaran daring mata kuliah statistika untuk menyelidiki pengaruhnya terhadap kemampuan bernalar dan intensi berwirausaha mahasiswa. Sesi tatap muka flipped classroom dilakukan secara daring dan sesi luar kelas menggunakan e-modul. Penelitian ini berbentuk eksperimen kepada 56 sampel mahasiswa kelas statistika yang dipilih secara acak di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Prisma. Instrumen menggunakan tes tertulis untuk mengukur kemampuan bernalar dan kuesioner untuk mengukur intensi berwirausaha. Uji statistik t dua sampel dan uji t berpasangan digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif penerapan flipped classroom dengan dukungan e-modul pada pembelajaran daring statistika terhadap kemampuan bernalar dan intensi berwirausaha mahasiswa.Abstract: The Covid-19 pandemic has compelled the implementation of distance learning. This study applied the flipped classroom in online learning of statistics courses to investigate its effect on students’ reasoning ability and entrepreneurial intention. In-class sessions of the flipped classroom were conducted online and out-class sessions using e-modules. This study was an experiment with 56 samples of students in the statistics classes who were randomly selected at the Faculty of Science and Technology, Prisma University. Instruments were a written test to measure reasoning ability and a questionnaire to measure entrepreneurial intentions. Statistics test of two-sample t and paired-t were used in this study. The results showed that there was a positive effect of the flipped classroom in online learning of statistics courses with e-module support toward students' reasoning abilities and their entrepreneurial intentions.
Pengembangan Kelas Virtual Berbasis Moodle untuk Memfasilitasi Efektivitas Pembelajaran Siswa Di Sekolah Dasar Ary Purmadi; Kholisus Sa’di
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v8i12021p011

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk tujuan (1) Mengembangkan kelas virtual berbasis moodle yang dapat digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar (2) Mengetahui efektifitas dari penggunaan kelas virtual berbasis moodle pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Sedangkan Hasil penelitian ini adalah (1) Pengujian materi kepada ahli materi didapatkan skor 4,00 (kategori baik) dan pengujian media kepada ahli media didapatkan skor   3,94  (kategori baik). Sementara itu, untuk pengujian kepada siswa yang dilakukan secara acak diperoleh skor 3,80 (kategori baik). 2) Perolehan skor rata-rata pada pretest sebesar 67,81 dan posttest sebesar 76,41. Hal ini menunjukkan terdapat  kenaikan atau selisih (gain) sebesar 8,60. Sehingga dapat dijelaskan dari hasil pengujian alfa dan beta  serta melihat efektifitas produk dapat disimpulkan produk layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran.Abstract: This study aims to (1) develop moodle-based virtual classes that can be used in elementary school learning (2) determine the effectiveness of using moodle-based virtual classes in elementary school learning. The method in this research is the method of research and development (R&D). While the results of this study are (1) testing of material to material experts got a score of 4.00 (good category) and media testing to media experts got a score of 3.94 (good category). Meanwhile, for the randomized testing of students, a score of 3.80 was obtained (good category). 2) The average score for the pretest is 67.81 and the posttest is 76.41. This shows that there is an increase or difference (gain) of 8.60. So that it can be explained from the results of alpha and beta testing and seeing the effectiveness of the product, it can be concluded that the product is feasible and effectively used for learning.
Analisis Data Respon Mahasiswa Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis MOOCs pada Matakuliah Ilmu Lingkungan Menggunakan Rasch Model Eko Risdianto; Ahmad Syarkowi; Dewi Jumiarni
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v8i12021p047

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon mahasiswa terhadap sistem pembelajaran online berbasis MOOCs. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket yang terdiri dari 14 butir pertanyaan terhadap 20 orang mahasiswa mengenai tanggapan mahasiswa terhadap media pembelajaran yang diberikan. Data dianalisis dengan Model Rasch dan diolah menggunakan software Winstep. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas dari angket respon terhadap uji coba terbatas pengembangan pembelajaran ilmu lingkungan menggunakan sistem MOOCs ini adalah sangat baik.  Sehingga dapat digunakan untuk menguji coba terbatas pengembangan pembelajaran ilmu lingkungan  menggunakan sistem MOOCs. Dan dari hasil analisis terhadap responden dan item butir angket menunjukkan bahwa mayoritas responden menyetujui semua butir angket yang diberikan sehingga menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran ilmu lingkungan  menggunakan sistem MOOCs ini layak digunakan dan dapat digunakan secara lebih luas untuk mata kuliah yang lain khususnya dalam pembelajaran daring di masa covid 19 saat ini.Abstract: This study aims to analyze student responses to the MOOC-based online learning system. The data collection was carried out by distributing questionnaires consisting of 14 questions to 20 students regarding student responses to the given learning media. Data were analyzed using the Rasch Model and processed using Winstep software. From the data obtained, it shows that the quality of the response questionnaire to the limited trial of environmental science learning using the MOOCs system is very good. So that it can be used to study the limited trial development of environmental science learning using the MOOCs system. And from the results of the analysis of the respondents and the questionnaire item items, it shows that the respondents who gave all the questionnaire items showed that the development of environmental science learning using the MOOC system was feasible and could be used more widely for other subjects, especially in online learning in Covid 19 pandemics this time.
Analisis Butir Tes Keterampilan Berpikir Kritis dan Pengetahuan Prosedural Grammar Bahasa Inggris Herlia Alfiana; Hari Karyono; Wawan Gunawan
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v8i12021p020

Abstract

Abstrak: Penetian ini berfokus pada analisis butir tes pilihan ganda untuk mengukur tes keterampilan berpikir kritis dan pengetahuan prosedural materi grammar untuk tingkat pemula (beginner) pada mata kuliah Bahasa Inggris. Analisis butir tes mencakup: (1) tingkat kesukaran butir tes, (2) tingkat daya pembeda butir tes, (3) validitas butir tes dan (4) reliabilitas tes. Untuk mengukur tingkat kesukaran digunakan rumus perbandingan jumlah responden yang menjawab benar dengan jumlah responden. Untuk mengukur validitas dan daya pembeda soal digunakan uji Pearson product moment. Kemudian, uji Cronbach alpha digunakan untuk menentukan reliabilitas tes. Hasil uji tingkat kesukaran menempatkan butir tes pada kategori mudah, sedang dan sukar. Hasil uji daya pembeda mengklasifikasikan butir tes pada kategori baik dan unggul. Uji validitas membuktikan seluruh butir tes valid. Uji reliabilitas menyatakan bahwa tes yang dirancang reliabel. Dengan demikian butir tes yang dirancang tidak membutuhkan perbaikan dan dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan pengetahuan prosedural pada grammar Bahasa Inggris.Abstract: This study focuses on evaluating the quality of multiple-choice tests to measure critical thinking skills and procedural knowledge tests of English grammar for beginners in higher education. The analysis of test items includes (1) item difficulty, (2) discrimination index, (3) validity, and (4) reliability of the tests. Item difficulty is obtained from the percentage comparison of the number of respondents who answer correctly with the total number of respondents. The validity and discrimination index of the test items are analyzed using the Pearson product-moment test. The Cronbach alpha test is used to evaluate the reliability of the test. The item difficulty test classified into easy, medium, and difficult categories. The results of the discrimination index test classify the test items into good and superior categories. The validity test proves that all test items are valid and the reliability test proves that the test is reliable. Finally, the test items have good quality and capable to measure critical thinking skills and procedural knowledge in English grammar.
Pengembangan Modul IPA Berbasis Literasi dan Integratif dalam Memfasilitasi Belajar Mandiri Siswa Arif Budiono; Iskandar Wiryokusumo; Hari Karyono
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v8i12021p058

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini menghasilkan Modul IPA Berbasis Literasi dan Integratif dalam memfasilitasi belajar mandiri siswa. Model pengembangan menggunakan ADDIE. Adapun langkah-langkahnya; tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian validasi dari ahli materi mencapai 88.6%. Sedangkan dari ahli desain media mencapai 91.4%. Hasil Review guru mencapai 88%. Hasil uji coba kelompok kecil secara keseluruhan mencapai 85%. Sedangkan hasil uji kelompok besar kelayakan mencapai 89.7%. Serta evaluasi hasil belajar siswa mencapai 84,21. Dari hasil data dan analisis penelitian disimpulkan bahwa pengembangan modul IPA Berbasis Literasi dan Integratif dalam memfasilitasi belajar mandiri siswa kategori layak, dan dapat diterapkan dalam pembelajaran.Abstract: The research objective is to produce a Literacy-Based and Integrative Science Module in facilitating student independent learning. The development model uses ADDIE. As for the steps; the analysis, design, development, implementation, evaluation stage. The result of validation research from material experts reached 88.6%. Meanwhile, media design experts reached 91.4%. The results of teacher reviews reached 88%. Total small group trial results reached 85%. While the results of the large group test feasibility reached 89.7%. And the evaluation of student learning outcomes reaches 84.21. From the results of the data and research analysis that the development of an Integrative and Literacy-Based Science module in facilitating student independent learning can be categorized as feasible, and can be implemented in learning.
Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Pembelajaran Self Directed Learning pada Mata Pelajaran Pengelasan Anugrah Agung Ramadhan; Nizwardi Jalinus; Ta’ali Ta’ali; Mulianti Mulianti
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v8i12021p091

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik berbasis model pembelajaran mandiri yang Valid, Praktis dan Eefektif. Sehingga dapat membatu siswa belajar mandiri dan memahami teori pengelasan busur manual SMAW. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengukur pada model pengembangan instruksional ADDIE. Tahapan dalam prosedur pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation . Hasil Penelitian berdasarkan hasil validator ahli materi dan ahli media, modul elektronik yang dikembangkan valid. Berdasarkan respon guru dan siswa, modul elektronik yang dikembangkan memiliki praktikalitas tinggi.Hasil yang dapat diketahui dari peningkatan pemahaman teori siswa serta uji efektifitas dari materi yang di ujikan dengan hasil yang efektif.Abstract: This study aimed to produce an modul elektronike based on a self-directed learning model that was valid, practical and effective and was able to help students learn independently and understand SMAW manual arc welding theory. This study is a Reset and Development (R&D) study which refers to the ADDIE instructional development model. ADDIE development procedures namely Analysis, Design, Develop, Implementation and Evaluation. The results of the study are based on the evaluation of material expert validators and media experts, the developed electronic module is valid. Based on teacher and student responses, the developed electronic module has high practicality. The results of effectiveness are known from the increase in the results of students' understanding of the material and the effectiveness test of the material being tested with quite effective results.
Pengaruh Pemberian Psikoedukasi Piawai Bergawai untuk Mengurangi Perilaku Berisiko pada Generasi Digital Natives Nofrans Eka Saputra; Verdiantika Annisa
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v8i12021p030

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menguji coba modul “Piawai Bergawai” untuk mengurangi perilaku berisiko pada generasi digital natives. Adanya uji coba modul sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi digital pada digital natives secara komprehensif sehingga dapat mengurangi perilaku berisiko. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Subjek penelitian merupakan kelompok digital natives berusia 14 – 18 tahun yang pernah melakukan perilaku berisiko seperti perundungan, perilaku seksual, merokok dan lain-lain.  Subjek dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol yang masing-masing terdiri dari 10 orang dimana kelompok eksperimen diberikan psikoedukasi dari modul Piawai Bergawai yang sudah divalidasi sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen terdapat pengaruh signifikan pemberian psikoedukasi “Piawai Bergawai” dalam mengurangi perilaku berisiko dengan nilai signifikansi p=0,016 (p<0,05). Sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan tidak menunjukkan adanya perubahan signifikan dengan nilai p=0,101 (p>0,05). Dapat disimpulkan bahwa modul “Piawai Bergawai” dapat menjadi panduan pemberian Psikoedukasi pada generasi digital natives khususnya remaja untuk mengurangi perilaku-perilaku berisiko akibat akses informasi teknologi digital.Abstract: This study aims to test the module of "Piawai Bergawai" to reduce risky behaviors on the digital natives' generation. The module test exists to improve digital literacy skills on digital natives comprehensively so it can reduce risky behaviors. This study used a quantitative approach with a quasi-experiment. The subject of this research was a group of digital natives in the age of 14-18 years old who had conducted risky behaviors like bullying, sexual behaviors, smoking, and others. The subject was divided into two groups, namely experiment and control groups which each consisted of 10 people where the experimental group was given with psychoeducation from the Piawai Bergawai module that has been validated in prior. The research results show that there is a significant impact on the implementation of “Piawai Bergawai” psychoeducation in reducing risky behaviors with p=0.016 (p<0.05) significance value.While the control group that is not provided with the treatment shows no significant changes with p=0.101 (p>0.05). It can be concluded that the “PiawaiBergawai” module can become the guideline to give psychoeducation on digital narratives’ generation, especially on teenagers, to reduce risky behaviors due to the information access of digital technologies.
The Future of New Learning Way for The Visually Impaired Learners: Use Bionic Eye with Voice Assistant Kao Sheng Che
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v8i12021p068

Abstract

Chatbots can be defined as artificial narrow intelligence (ANI) which can perform a single task such as answering people’s question by harnessing the power of machine learning. There is some educational-related chatbots developed to interact with learners in mobile instant messaging (MIM) apps. Nowadays, there are more and more voice assistant developed in our world. They aim to fulfill user requests by choosing the best intent from multiple options generated by its Automated Speech Recognition and Natural Language Understanding sub-systems. Bionic eye is also still develop for the blind, it plays a vital part by restoring the vision. Technologies that are involved in bionic eyes are-multiple unit artificial retina chip system (MARC). This report describes an approach for the design and development of a voice assistant based on chatbot development basis combined with bionic eye application for an eLearning system with the learner’s personal needs.
Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Antusias Siswa SMK Dalam Pembelajaran Fisika Agus Gustiawan
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/10.17977/um031v8i12021p101

Abstract

Abstrak: Pembelajaran Fisika di SMK memiliki beberapa tantangan. Siswa SMK  beranggapan bahwa Fisika bukan mata pelajaran yang menunjang keterampilannya. Mereka menganggap materi Fisika terlalu banyak berupa konsep, rumus, dan hitungan. Banyak peserta didik merasa kesulitan dalam mempelajari Fisika, yang berakibat kepada kepasifan dalam mengikuti proses pembelajaran Fisika dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa SMK dalam belajar Fisika serta meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 7 Baleendah. Sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI TAV-1 yang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan keaktifan dalam bentuk rata-rata sikap siswa terhadap proses belajar, materi, cara guru menyampaikan materi, pemahaman, dan evaluasi pembelajaran Fisika. Sekurang-kurangnya 75% siswa aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Fisika. Implikasinya guru hendaknya menciptakan komunitas belajar untuk membuat situasi komunikasi aktif antar siswa dan siswa dengan guru.Abstract: Learning Physics in SMK has several challenges. Vocational students think that physics is not a subject that supports their skills. They think that physics is too much in the form of concepts, formulas, and calculations. Many students find it challenging to learn Physics, which results in passivity in participating in the Physics learning process and low student learning outcomes. This classroom action research aims to foster the active participation of vocational students in learning Physics and improve their learning outcomes. This research is a Classroom Action Research (CAR) with two cycles. The population of this study was students of SMK Negeri 7 Baleendah. In comparison, the research sample was class XI TAV-1 students, totaling 37 students. The study results showed an increase inactiveness in the form of students' average attitudes towards the learning process, material, teacher's way of delivering material, understanding, and evaluation of Physics learning. At least 75% of students are active in participating in Physics learning activities. The implication is that teachers should create learning communities to make communication situations livelier between students and students and teachers.

Page 1 of 2 | Total Record : 11